Rabu, Maret 12, 2008

Batu, Yahudi dan Islam`

Batu memiliki sejarah yang panjang terhadap perkembangan Islam. terutama pasang surut hubungan kaum muslimin dengan kaum Yahudi.Saat membenci Nabi Muhammad SAW, simbol kebencian mereka adalah batu yang digunakan untuk melempar nabi.


Yang kemudian oleh para sahabat, untuk melindungi nabi, juga membalas perlakuan kaum Israel itu juga dengan batu. di kalangan kaum yahudi, para pezina diukum dengan cara dilempari batu, dan kemudian Nabi Muhammad juga melakukan sanksi hukum yang sama.
batu sangat berkaitan erat dengan yahudi. dan kini kaum tersebut juga harus berhubungan dengan benda bernama batu. ketika mereka menjajah Negara Berdaulat Palestina, dengan persenjataan modern terlengkap, mereka menghadapi perlawanan dari bangsa palestina dengan lemparan batu. gerakan perlawanan inilah yang kemudian terkenal dengan nama Intifadhah. Mengapa batu yang digunakan untuk berjuang? Selain karena hal teknis ketiadaan senjata perlawanan yang memadai, hal ini sebagai simbol bahwa batu yang dilemparkan itu adalah bagian dari hati para kaum yahudi tersebut. itulah kenapa Allah sampai menamsilkan hati para kaum yahudi yang keras tersebut laksana sebuah batu. hati mereka sekeras batu. tidak juga melunak ketika melihat penderitaan bangsa yang mereke jajah. bahkan kerasnya hati mereka itu, mengalahkan kerasnya batu yang ada di dunia ini. Yang menurut beberapa siroh nabi, batu pun malu disamakan dengan hati kaum yahudi. dan kelak hubungan batu dengan kaum yahudi pun akan berakhir. yakni saat pohon dan batu saling mengatakan, "Wahai Muslim, ini ada orang Yahudi, kemari dan bunuhlah ia".
Wallahualam bishowaf

Tidak ada komentar: